Selasa, 22 November 2011

November 19, 2011





Banguuuun mbeeeem,,, berjemur mumpung mataharinya anget-anget kuku
Sms terkirim. Dengan sukma yang masih belum menyatu dengan raga saya mengetik sms pertama saya untuk memulai hari sabtu ini ke mbem, pacar saya tentunya. Sudah bias dipastikan ia tidak akan langsung membalas sms saya karena pasti masih tidur. Benar saja 4 jam kemudian baru dibalas,
Baru bangun say, semalem gak bisa tidur cos kemaren abis solat jumat aku tidur mpe sore. Udah mendingan sih cuma masih ada sesek-seseknya sedikit.
Dia sakit karena terlalu capek, dan alergi dingin nafasnya menjadi sesak. Tapi dari sms itu sepertinya ia masih belum 100% fit.
Saya langsung balas,
Ckckck tidur ga teratur banget mbeeem. Kalo masih sakit ga usah dipaksa dateng mbem cos tempatnya jauh banget.
Temannya ada yang menikah, sebelumnya saya sempat bertanya apakah akan hadir ke pernikahannya atau tidak, mengingat tempatnya yang jauuuuuh sekaleeee sampai-sampai di peta, tidak nampak  cawang –tempat tinggal saya- mengingat ia yang masih kurang fit takutnya tambah parah sakitnya, jadi sebagai pacar saya menyarankan untuk tidak dipaksa datang.
Dia pun membalas,
Daerah mana sih ndut tempatnya? Napak tilas ga jauhnya? Gimana yauda kalo gitu kita ketemuan yuk di Akm pas pengajian nanti abis itu malmingan deh.
Temannya yang mau nikah kok malah tanya sama saya??? Hahaha yak, karena undangannya terbawa oleh saya. Seneng dia ngajak malmingan kayak anak ABG yang baru pacaran, hah soalnya kita jaraaaang bangeeeet malem mingguan. Saya sudah menduga secara akurat, tajam, setajam silet bahwa kita malem mingguan setelah pulang dari kondangan, yeeeaaahhh jingkrak-jingkrak.
Saya balas,
Deket-deket Ciledug mbem, Pondok Indah sonoan lagi. Mau jalan kapan? Uia, ke Ancol apah, ada UrbanFest disono tapi ga ada Homogenic.
Saya memberi referensi ke Ancol, ada acara Urban Fest dan juga komunitas saya ikut serta dalam acara tersebut. Wow asiiik perjalanan hari ini bakalan panjaaaaang kaya choki-choki abis kondangan ke malmingan di Ancol.
Dia balas,
Enaknya jalan kapan jam berapa? Emang sekarang ya Urban Fest nya?
Saya balas,
Aku sih terserah kamu sayangku
Dia balas,
Hmmm yowes deh agak sorean aja kali ya. Nanti aku kabarin kalo udah mau jalan.


Dst saya masih sms-an. Saya pun bergerak melakukan hal-hal  yang bias dikerjakan mulai dari makan, makan, dan makan, setelah ditelaah kok saya makan terus? Lah lah ga bisa ni begini terus-terusan, akhirnya saya mencuci mukena yang entah sudah berapa taun saya tidak cuci. Tidak berhenti sampai di situ saya akhirnya menyetrika baju sambil makan dan nonton futsal. Makan lagi.
Setelah selesai saya pun membuka benda persegi empat warna hitam, saya colok kabel ke colokan, saya tekan tombol power, terlihat sinar yang terpancar ke mata saya. Yaaak this is it laptop. Kemudian jemari saya mulai mengorak-arik isinya, membacanya hingga tak terasa kok jadi gelap, saya tidak melihat apa-apa, dan mendengar apa-apa. Yaaaak saya ketiduran.
Wrrriiipiiii –bunyi sms masuk- terlihat ada dua sms. Saya lihat jam sudah pukul 17.30.
Ni aku jalan
Volvo
HAAAAAH mbem udah mau nyampe rumah saya, sebagai laki-laki sejati yang hendak menjemput wanitanya. Kontan saja saya kaget dan langsung buru-buru pakai baju, dandan seperti wanita –loh emang saya apa-
Saya pun turun dari kamar atas ke ruang tamu yang ada di bawah. Ternyata ada tamunya mamake disana, biasalah mamake kalo ada orang bertamu suka caper –cari perhatian- 
“heh itu mao kondangan begitu bajunya? Rambut masih acak-acakan” teriak mamake
“udah malem ini acaranya, lagian siapa yang mau merhatiin” kata saya
Bla bla bla bla saya sudah tidak hafal lagi apa hujatannya.
Saya jadi malu pertama sama teman mamake, kedua sama mbem, karena mamake membuat saya malu. Akhirnya saya pun jadi naik-naik ke puncak kemarahan dan kekesalan yang tak sengaja dan sudah biasa kecipratan ke orang lain, kali ini yang kena adalah mbem
“jam segini mah bukan sore namanya” gumam saya
“hah bilang apa tadi”kata mbem yang mendengar samar-samar gumaman saya
“hah ngga,, ngga papa” jawab saya
“tadi kamu ngomong apa, kurang jelas” jelas mbem
“hah perlu diperjelas?”saya ragu, saya Tanya dulu
“iya apaan tadi”paksa mbem
“Jam segini bukan sore namanya” ceplos saya
Ia pun diam, kemudian izin solat magrib ke mamake. Saya bingung kok mbem pakai kaos. Ya sudahlah daripada ga pakai apa-apa, piker saya. Sambil menunggu ia solat, saya menyiapkan isi tas saya. Ketika ia selesai solat kami pun berpamitan dan berangkat.
Belum sampai jalan raya,
“eh eh mbem berhenti undangannya ketinggalan. Aku ga apal alamatnya” teriak saya
“hah emang mau ke kondangan”kata mbem polos
“lah emang mau kemana?”Tanya saya bingung
“kan aku bilang kondangannya ga jadi, kan kejauhan kata kamu”jelas mbem yang makin membuat saya bingung
“kapan kamu bilang gitu?”Saya bingung dan mulai kesal
“mau di kroscek lag isms kita yang tadi-tadi?”tawar mbem
“Silakan, siapa takut wong kamu ga ada pernyataan kalo kamu ga jadi kondangan.”
Kita pun membaca sms yang tadi sudah saya tuliskan di atas, saya yang dikerubutin rasa kebingungan ditambah rasa kesal sedikit menghasilkan rasa gondok yang luar biasa lezatnya. Setelah dibaca-baca bersama saya pun merasa menang, karena sms dia yang menyatakan tidak jadi kondangan tidak ada. Namun pertarungan tidak berhenti sampai disitu.
“Jadi ke kondangan atau ke ancol ni?” Tanya mbem yang mulai kesal juga
“Hah aku udah dandan kayak gini?” hah aku bingung masa iya ke Ancol jam segini nyape-nyapein aja, buang-buang ongkos aja, trus kalo ke kondangan, alamatnya jauhnya bikin gue males melanjutkan hidup.
“ya aku kan berencana ke ancol aja ga jadi kondangan sesuai saran kamu”
“TAPI, ga ada pernyataan bahwa kamu batal kondangan!!” saya mulai ngotot karena dia tidak mau salah. Biasa laki-laki mah rata-rata egois. Seharusnya saya yang marah sama dia tetapi dia balas lebih marah. Seandainya dia meminta maaf, masalah selesai, karena saya tidak suka berantem. Tapi dia ngotot kalau dia yang benar.
“Kalo ke Ancol aku ganti sepatu dulu, ga enak pake high heels kayak gini” Saya ngambek.
Motor balik arah ke rumah lagi, kita masih berdebat antara ancol atau kondangan,, hah bullshit kalau tau bakal ke ancol gue ga perlu cape-cape dandan kayak cewe ginih. Dengan langkah kesal saya kembali ke rumah dan mengganti sandal, kamipun berangkat ke ancol dengan emosi yang masih meluap-luap tapi ditahan-tahan.  Berasa nahan kentut tau ga lo, sakiiiitnya minta ampun.
Sepanjang jalan hanya terdengar suara kendaraan dan klakson, bukan tawa canda kami yang biasanya menghebohkan jalanan. Terus-menerus kami membisu sepanjang perjalanan menahan kesal dan marah Hei ga ada yang benar benar BENAR dang a ada yang sepenuhnya salah dalam kasus ini. Ini salah paham boy, kenapa kamu yang jadi semarah ini, batinku. Mbempun mengendarai motor seenaknya senggol sana, senggol sini kebut-kebutan. Pertanda kalau dia memang dalam keadaan marah, emosionalnya tak dapat dikendalikan lagi. Saya pun menangis di belakang tubuh mbem yang membonceng saya karena tak kuasa menahan marah. Hampir sampai mangga dua saya membuka percakapan
“ntar kalau ketemu ATM berenti yah, aku ga ada duit tunai sama sekali” kata saya
Dia hanya mengangguk pertanda “iya” Kami pun melaju lagi hingga sampai pintu masuk Ancol, dan mencari-cari ATM, yak akhirnya ketemu juga, saya turun dan melangkah ke ATM, masih dengan kondisi bisu. Kami melaju lagi lagi menuju lokasi Urban Fest, sesampainya disana masih diem-dieman.
Saya tidak kuat lagi, lo tau ngga rasanya jalan ni jauh, sepasang insan diem-dieman tuh rasanya pengen nonjok kaca sampe pecah, baru deh lega.
“masih marah?”Tanya saya terpaksa
“ga kok”jawab mbem sekenanya
Ia pun pergi ke kerumunan orang-orang dekat panggung meninggalkan saya. Saya pun menangis. Gila jahat banget. Pikir saya. Saya pun sibuk sms-an dengan teman saya yang mengisi acara di urban fest ini.
Saya melangkah pergi meninggalkan mbem, tapi ia mengikuti saya dari belakang. Saya pun bertemu dengan teman saya itu dengan menyapa sebentar, kemudian duduk untuk menyelesaikan masalah dengan mbem.
“Ga enak mbem malem mingguan diem-dieman kayak gini”kata saya yang merasa ga kuat sebagai cewek didiemin kayak gini
“Bisa ga sih ndut, kamu ngertiin aku, aku udah bela-belain buat ketemu kamu kamu walopun badan masih kurang sehat tapi kamu malah marah-marah gini. Tinggal ganti kostum trus kita jalan apa susahnya sih. Aku ga masalah tadi kamu ketiduran atau apa, tapi tolong dong jangan sambut aku dengan cemberutan kamu sampe kamu bilang jam segini bukan sore laaah..”
Saya bingung apakah semua lelaki didunia ini suka sekali memutarbalikkan fakta, yang membuat saya marah karena ia tidak bilang mau jalan jam berapa, dan tau-tau tidak jadi. Saya menunggunya sampai ketiduran. Saya beri penjelasan ia marah-marah tidak terima. Ia marah-marah saya tidak diberi kesempatan untuk bicara sedikitpun sebagai bentuk pembelaan.
Suatu hubungan jangan hanya buat senang-senang semata. Kita hampir 4 tahun menjalani hubungan, tapi belum bisa saling mengerti dan berpikir jernih saat sedang ada konflik. Saya mudah terbawa emosi, dia terlalu egois. Kita masih sama-sama labil. Ini proses pendewasaan. Maafin aku sayang.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar